NEWSTICKER

MAKI Laporkan Bocornya Dokumen Penyelidikan Kasus Tambang di ESDM ke KPK

Metro TV

MAKI Laporkan Bocornya Dokumen Penyelidikan Kasus Tambang di ESDM ke KPK

N/A • 14 April 2023 18:37

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) melaporkan kasus bocornya dokumen hasil penyelidikan dugaan korupsi tambang di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan itu disampaikan melalui email pengaduan KPK.

"MAKI telah melaporkan dugaan tindak pidana menghalangi penyidikan dalam bentuk menerima, memberi, dan atau membocorkan dokumen hasil penyelidikan KPK perkara dugaan korupsi tata kelola export pertambangan dan survei terkait perijinan pertambangan di Kementerian ESDM," kata koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada Medcom.id, Jumat (14/4/2023). 

Boyamin menjelaskan terlapor yakni IS sebagai terduga menerima dan menggunakan materi atau dokumen hasil penyelidikan KPK untuk menyelamatkan diri dan kawan-kawannya. MAT yang diduga memberikan atau meneruskan dokumen hasil penyelidikan KPK kepada IS.

"MAT seharusnya memusnahkan atau membakar materi atau dokumen tersebut sehingga tidak bisa diakses oleh siapapun," ujar Boyamin.

Boyamin juga mengajukan sejumlah saksi, salah satunya Menteri ESDM Arifin Tasrif. Kemudian, Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro dan Ketua KPK Firli Bahuri.

"Firli selaku penanggung jawab dan pimpinan tertinggi di KPK atas pengawasan yang teledor sehingga bocornya materi atau dokumen hasil penyelidikan tersebut," ucap Boyamin.

Boyamin mengajukan laporan itu karena IS yang diduga sebagai oknum pejabat Kementerian ESDM ramai dibicarakan di media sosial. Tindakan IS dinilai sebagai upaya menghalangi proses hukum yang tengah diusut KPK.

"Perbuatan pihak sasaran (oknum) setidaknya akan mempersulit penyelidik KPK memantau pergerakan pihak tersasar dan ujung kegagalan melakukan operasi tangkap tangan (OTT)," kata Boyamin.

Sementara itu, juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri pihaknya akan mempelajari laporan tersebut. Kemudian, menindaklanjuti dan mengumpulkan informasi untuk melengkapi aduan tersebut. 
(Silvana Febriari)

Tag

kpk